Struktur dan Fungsi Sel

Hi Deanna readers!

Di blog kali ini, aku bakalan sharing tentang pemahaman aku setelah membaca beberapa sumber referensi mengenai "Struktur dan Fungsi Sel".

Sebelum kita ngebahas mengenai Struktur dan Fungsi Sel, just like usual, let's saying "Aku bisa karena biasa, karena mindset dapat merubah segalanya".

"Jangan pernah berpacu pada Nilai. Namun, berpacu dan lihat lah usahanya"~F.Deanna Dewi

Deanna readers tau ga kalo setiap makhluk hidup itu harus mempunyai minimal satu sel, baru bisa dikatakan hidup. Berarti kalo ga punya sel, mati dong ya?. Yup! Betul.

Btw, kenapa makhluk hidup itu harus punya sel?

Karena, pada sel inilah kita dapat melihat kegiatan atau fungsi makhluk hidup, misalnya: fungsi gerak, respirasi, reproduksi, dsb.

Lalu, siapa sih penemu pertama sel itu?

Jawabannya, Robert Hooke (1665) yang mengamati sayatan gabus menggunakan mikroskop. Hooke mengamati adanya ruang kosong yang menyusun gabus, yang kemudia Ia beri nama Sel (Selula:kamar).

Ga asyik kalo ga ngebahas pendapat para ahli ya!

Oke, yuk kita ambil satu pendapat para ahlinya.

Menurut Brown, Sel merupakan ruangan kecil yang dibatasi membran dan berisi cairan sel (protoplasma).

Bagaiman dengan Teorinya? Apakah ada?

Tentu ada dong!

Pada tahun 1838, Mathias J dan Theodor Schwann menyatakan teori sel,yaitu setiap sel tersusun atas satu sel atau lebih dan sel tersebut berasal dari sel- sel sebelumnya.

Yuk, kita masuk kepengetahuan yang lebih dalam lagi!

Berdasarkan keberadaan membran nukleus, sel dibedakan menjadi 2 yaitu Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik.

  1. Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Prokariota adalah makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti sel (karyon), sedangkan Eukariota adalah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel.

DeSo (Deanna Solution)

untuk memudahkan Deanna reader dalam mengingat Pengertian Prokariotik dan Eukariotik, Deanna punya solusinya yaitu:

Prokariotik: anggap aja selnya udah Pro jadi ga punya membran inti sel lagi.

Jadi, kalo selnya Prokariotik berarti ga punya membran inti sel. Sedangkan ,yang punya itu Eukariotik.

selain dari ada atau tidaknya membran inti sel, Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik juga mempunyai perbedaan lain.

Apa saja perbedaan itu? Mari kita simak tabep berikut ini!

2. Struktur Sel

Sel dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, antara lain: Membran Sel, Sitoplasma, dan Inti Sel

a. Membran Sel

Pengertian Membran Sel pada Hewan dan Tumbuhan relatif berbeda.

Hewan: Membran Sel adalah selubung terluar sitoplasma.

Tumbuhan: Membran Sel adalah selubung sitoplasma yang terletak pada dinding sel.

Lalu apakah arti dari Dinding Sel itu?

Dinding Sel adalah lapisan sel terluar pada Sel tumbuhan. Dinding Sel berguna sebagai pelindung sel terhadap tekanan mekanik.

Membran Sel disebut juga Membran Plasma.

Membran Sel ini merupakan lapisan fosfolipid ganda yang bersifat cairan dan fluida(sejenis cairan bercampur gas).

Molekul lipid yang membentuk senyawa dengan fosfat menjadi Fosfolipid.

Fosfolipid adalah komponen utama penyusun membran Sel. Ekornya bersifat Hidrofobik(menolak air,seperti daun talas), sedangkan kepalanya bersifat Hidrofillik(menarik air).

Fungsi Membran Sel:

  • Memberikan bentuk pada Sel Hewan
  • Memisahkan Sel, Melindungi Sel dari lingkungan luar, serta Mempertahankan isi Sel.
  • Bersifat Selektif permeable (tidak bisa dimasuki oleh sembarang sel maupun molekul. Sehingga membantu mengendalikan keluar-masuknya ion/molekul)
  • Berperan dalam proses transportasi zat yang keluar dan masuk sel
  • Sebagai reseptor (penerima rangsangan) dari luar

Protein pada Membran Sel dibedakan menjadi 2 yaitu:

  1. Protein Integral: Protein yang menyisip di dalam lapisan fosfolid ganda. Protein ini berguna sebagai saluran keluar-masuknya zat tertentu di dalam Sel.
  2. Protein Perifer: Protein yang menempel pada lapisan fosfolid. Protein ini berguna dalam proses metabolisme komponen Membran, berperan dalam rantai transpor elektron, dan dalam berperan dalam proses transpor molekul Hidrofobik berukuran kecil.

karbohidrat melekat pada kepala fosfolid membentuk komplek glikolipid atau para protein membentuk glikoprotein.

Glikolipid berfungsi sebgai sinyal pengenal untuk interaksi antar sel. Sedangkan, glikoprotein dapat mengikat protein dari membran sel tetangga maupun sel lai, sehingga terbentuk ikatan antar sel.

b. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan di dalam membran sel.

Sitoplasma tersusun dari Sitosol, Sitoskeleton, dan organel- organel.

Sitosol adalah bagian cair yang mengisi 70% volume sel dan terbentuk dari komposisi air, garam, dan molekul organik.

Sitoskeleton adalah rangka seluler yang membentuk mikrofilamen aktif, filamen intermediet, dan mikrotubulus.

-Mikrofilamen: filamen terkecil yang menyusun sitoskeleton dan tersusun dari polimer G-aktin.

-Filamen intermediet: berukuran lebih besar dari Mikrofilamen. Sub unit penyusunnya antara lain: vimentin, neurofilamen, dan keratin.

-Mikrotubulus:berukuran lebih besar dan tersusun dari polimer tubulin alfa dan beta.

Fungsi Sitoskeleton:

  • Memberi dan menjaga bentuk sel
  • Mengatur pergerakan sel
  • Membentuk benang-benang spindle pada pembelahan mitosis

c. Inti sel (Nukleus)

For your information: Nukleus hanya dimiliki oleh Sel Eukariotik.

Nukleus adalah bagian yang paling mencolok dalam Sel dan dibatasi membran inti.

Di dalam Nukleus terdapat Nukleolus(anak inti sel) yang merupakan tempat pembentukan dan pematangan RNA ribosomal.

Fungsi Nukleus:

  • Mengendalikan proses metabolisme sel
  • Menyimpan informasi genetik (DNA)
  • Mengatur proses ekspresi gen
  • Tempat terjadinya replikasi DNA
  • Transkripsi

3. Organel- Organel Sel

a. Inti Sel (Nukleus)

Baru saja kita bahas di struktur Sel mengenai Nukleus ya kan?:v

Tentunya, Deanna reader masih ingat dong ya?

Scroll up lagi deh kalo masih bingung.

Yuk! kita bahas lebih dalam lagi mengenai Nukleus.

Pada Nukleus, terdapat DNA dalam bentuk kromosom maupun kromatin.

Manfaat Nukleus:

  • Sebagai pembawa materi genetis
  • Tempat terjadinya replikasi DNA dan transkripsi RNA
  • Pengatur kerja sel

b. Ribosom

Ribosom berbentuk bulat kecil dan tersusun atas RNA dan Protein.

Ribosom terdiri atas 2, yaitu:

  1. Ada ribosom yang tidak berikatan
  2. Ada ribosom yang berikatan dengan RE

Fungsi Ribosom:

  • Translasi mRNA menjadi Protein (sintesis protein)

c. Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE) terbuat dari kantung- kantung pipih dengan membran tunggal yang disebut Sistema.

RE terhubung dengan selaput inti sel(Nukleus). RE berperan dalam proses transpor zat.

RE dibedakan menjadi 2 jenis:

  • RE kasar berikatan dengan ribosom. RE kasar berperan sebagai transpor Protein yang disintesis di ribosom.
  • RE halus berperan dalam sintesis lipid.

d. Badan Golgi

Badan Golgi berbentuk tumpukan kantung-kantung pipih yang bermembran tunggal.

e. Mitokondria

Mitokondria adalah organel bermembran ganda. Mitokondria berperan dalam proses respirasi seluler.

Membran bagian dalam mitokondria berlekuk-lekuk membentuk kista.

Membran ini memproduksi ATP, yaitu energi seluler, sehingga disebut The Power House.

Bagian Matriks mitokondria berfungsi dalam oksidasi asam lemak dan katabolisme asetil koenzim. Matriks ini juga mengandung DNA.

f. Lisosom

Lisosom adalah kantung bulat yang memiliki membran tunggal yang mengandung enzim hidrolase yang berguna untuk mencerna zat.

Fungsi Lisosom:

  • Mencerna molekul makanan yang berukuran besar
  • Mencerna bagian sel yang sudah tua

g. Peroksisom

Peroksisom berbentuk kantung bulat dengan membran tunggal dan mengandung enzim oksidatif.

Peroksisom berperan dalam proses oksidasi asam lemak, etanol dan senyawa lainnya.

h. Sentrosom

Sentrosom tersusun atas 2 sentriol yang dibentuk dari protein mikrotubulus.

Sentriol ini berperan dalam membentuk benang- benang spindle saat pembelahan sel.

Benang- benang spindle ini berperan dalam mengatur pergerakan dan pemisahan kromosom saat pembelahan sel.

i. Membran Plasma

Deanna reader masih ingat ga? Pada subbab Struktur Sel kita pernah membahas tentang Membran Sel.

Udah lupa?. Scroll up lagi yuk!

Disana dijelaskan bahwa Membran Sel itu sama dengan Membran Plasma.

Jadi, di subbab kali ini kita sedikit mendalaminya aja ya!. Yuk, simak lagi!

Membran Plasma terbentuk atas 2 lapis fosfolid dengan protein dan rantai karbohidrat.

Membran Plasma berperan sebagai pendukung bentuk sel, pelindung, pengatur pergerakan keluar-masuknya zat dalam sel dan menjaga homeostatis sel.

j. Dinding Sel

Dinding sel merupakan pelapis sel terluar setelah membran sel pada beberapa bakteri ,sel tumbuhan dan jamur.

Komposisi utama dinding sel pada setiap makhluk hidup relatif berbeda, diantaranya:

  • Pada Tumbuhan, komposisi utama dinding sel adalah Selulosa
  • Pada Bakteri, Komposisi utama dinding sel adalah Peptidoglikan
  • Pada Jamur, komposisi utama dinding sel adalah Kitin

Fungsi dinding sel:

  • Menjaga bentuk sel
  • Melindungi sel
  • Difusi berbagai molekul yang keluar-masuk sel

k. Plastida

Plastida umumnya ditemukan pada tumbuhan dan ganggang.

Plastida berperan sebagai pembuat dan penyimpan berbagai senyawa kimia yang dibutuhkan sel.

Plastisida umumnya dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Kromoplas: mengandung berbagai pigmen
  2. Leukoplas: tidak mengandung pigmen

Kromoplas dibagi pula menjadi:

  1. Kloroplas
  2. Faeoplas
  3. Rodoplas

l. Vakuola

Vakuola adalah kantung bermembran tunggal yang berisi cairan.

Vakuola memiliki membran tonoplas yang berperan dalam menjaga tekanan air di dalam sel.

m. Vesikula

Vesikula adalah kantung bermembran tunggal yang berguna sebagai penyimpan dan tempat transpor zat di dalam sel.

4. Perbedaan Sel Tumbuhan dan Hewan

For your information: Sel Tumbuhan dan Sel Hewan merupakan sel yang tergolong ke dalam Sel Eukariotik, yaitu sel yang memiliki membran inti sel.

Lalu, bagaimanakah perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan?.

Yuk, kita simak tabel berikut ini!

DeSo(Deanna Solution)

Untuk memudahkan Deanna reader untuk mengingat organel yang ada pada sel tumbuhan dan organel yang ada pada sel hewan, Mari simak Deanna Solution berikut ini!

Organel yang hanya ada pada tumbuhan:

Vas Dari Plastik

Vakuola, Dinding Sel, Plastida

Organel yang hanya ada pada Hewan:

SeLi

Sentrosom, Lisosom

Organel yang ada pada hewan dan tumbuhan:

Nuri Mikirin Govi dan Vesyah

Nukleus, Ribosom, Mitokondria, RE, Badan Golgi, Vesikula.

5. Transpor Sel

Transpor Sel adalah mekanisme keluar dan masuknya zat di dalam sel.

Transpor Sel dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Transpor Pasif
  2. Transpor Aktif

Apa itu Transpor Pasif? Apa itu Transpor Aktif?.

Mari kita bahas lebih dalam lagi!

a. Transpor Pasif

Transpor Pasif adalah proses perpindahan zat tanpa membutuhkan energi.

Perpindahan ini terjadi karena zat bergerak sesuai gradien konsentrasinya, yaitu dari konsentrasi tinggi ke rendah.

Transportasi Pasif dibedakan menjadi 2, yaitu:

  1. Osmosis adalah perpindahan pelarut melalui membran selektif permeabel (memungkinkan bagi semua zat untuk memasukinya) dari yang konsentrasinya tinggi (hipotonik) ke konsentrasi pelarut rendah (hipertonik).
  2. Difusi adalah perpindahan zat terlarut dari yang konsentrasinya tinggi ke konsentrasi rendah. Proses Difusi dapat Deanna reader lihat pada proses gula pada teh yang menyebabkan rasa air teh menjadi manis.

b. Transpor Aktif

Transpor Aktif adalah perpindahan zat yang wwan gradiennya, yaitu dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.

Transpor Aktif dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

  1. Pompa Ion adalah perpindahan ion melalui membran sel yang melawan gradien konsentrasinya.
  2. Kontranspor adalah perpindahan dua zat secara simultan melalui satu protein membran atau satu protein kompleks tanpa energi langsung dari ATP.
  3. Endositosis dan Eksositosis

Endositosis adalah proses masuknya zat berukuran besar ke dalam sel dengan cara menelan zat tersebut.

Eksositosis adalah pelepasan zat dari dalam sel dengan cara fusi (penggabungan) vesikula dengan membran sel.

×Contoh Soal dan Pembahasan×

Sumber Referensi:

  • E-book Big book Biology SMA kelas 1,2,3. https://drive.google.com/file/d/12OHNs79U5B0RPEOavZAWym-qVw7PUe9G/view?usp=drivesdk
  • Wikipedia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Prokariota#:~:text=Prokariota%20adalah%20makhluk%20hidup%20yang,satu%20tahap%20siklus%20hidup%20biologinya

Kesimpulan

Pada Materi "Struktur dan Fungsi Sel" ini kita telah membahas beberap subbab, diantaranya:

  1. Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik
  2. Struktur Sel
  3. Organel- Organel Sel
  4. Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan
  5. Transpor Zat

Masing- masing subbab tersebut memiliki pengembangannya tersendiri dan memiliki ilmunya sendiri tentunya. Oleh karena itu, diharapkan Deanna reader mau dan tidak malas untuk berliterasi ya!. Mari kita bersama tingkatkan Budaya Literasi di Indonesia.

Salam Deanna.

Bye, Bye, Bye!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *