BESARAN dan PENGUKURAN | FISIKA

“like usual, let’s start with saying motto: AKU BISA, KARENA BIASA!”.
Karena mindset kita bisa merubah segalanya. wkwkwk.
~Drsry5724

Hai, PHYSICIST!!!. Masih semangat?. Harus dong!

Belajar FISIKA itu mudah, lho!. Ga percaya?. Coba deh, bayangin. Kenapa semua ilmu teori itu bisa terciptakan?. karena pikiran manusia, bukan?. Nah, Physicist pasti manusia juga–pastilah^^, berarti Physicist juga bisa!.

Btw, Physicist tau ga Besaran itu apa? dan Alat ukurnya apa aja?. Hmmm.. Mau tau?. Yuk! Belajar bersama.

1. BESARAN POKOK

Apa itu Besaran pokok?

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan. So pasti, Besaran Pokok tidak diturunkan dari besaran- besaran yang lain.

Besaran Pokok punya 7 macam, lho!. Apasih itu?

7 macam besaran pokok, yaitu: Panjang(l), Massa(m), Waktu(t), Kuat arus listrik(i), Suhu(T), Intensitas Cahaya(I), Jumlah zat(n).

besaran Pokok juga memiliki satuan lho!

Satuan adalah pembanding dalam pengukuran yang menjadi acuan.

satuan besaran pokok:

2. BESARAN TURUNAN

Besaran dalam Fisika tidak hanya terdiri atas Besaran Pokok Physicist!!. ternyata, Besaran juga terdiri atas Besaran Turunan!.

Apa ya yang dimaksud Besaran Turunan?

Besaran Turunan adalah besaran yang diturunkan dari Besaran Pokok. Namanya aja Besaran turunan, pasti dia diturunkan. Tapi, dia diturunkan dari sesama besaran, ya!. Bukan dari pohon atau dari genteng. wkwkwk.

gimana sih contoh Besaran turunan???. Yuk! kita lihat gambar di bawah ini!

beberapa contoh Besaran turunan beserta lambang

3. Pengukuran

Physicist, pasti pernah mengukur. entah itu mengukur baju, mengukur garis, mengukur perasaan— eitzz bucin, wkwkwk. JANGAN DITIRU YA!. ^^

Nah, pernah kah Physicist terpikir, Apasih Pengukuran itu???.

Pengukuran adalah proses membandingkan suatu benda dengan benda yang lain yang memiliki acuan besaran, yang telah ditentukan skala dan satuannya. so pasti, pengukuran memiliki skala dan satuan ya!. Physicist tau ga?. kalau pengukuran memiliki banyak contoh, misalnya: Pengukuran panjang, pengukuran massa, dan masih banyak lagi.

Biar ga penasaran, yuk, kita bahas!

1. Pengukuran Massa

Massa itu bisa diukur lho, Physicist!. Alat yang digunakan untuk mengukur Massa dapat berupa Necara atau Timbangan. Satuan Massa adalah Kilogram (kg). Masing-masing Neraca memiliki keteitiannya tersendiri. Misal, Ketelitian Neraca tiga lengan 0,1 gram, sedangkan Ketelitian Neraca empat lengan 0,01 gram. So pasti, Semua Neraca memiliki ketelitiannya masing- masing ya!.

Jenis- jenis Neraca:

  • Neraca sama lengan
  • Neraca Ohaus
  • Neraca Analog
  • Neraca Pegas
  • Neraca Digital
  • Neraca lengan gantung
  • dll.

2. Pengukuran Panjang

Yeah!, Physicist pasti sudah tidak asing dengan yang namanya mengukur panjang. Alat yang digunakan untuk mengukura panajng dapat berupa Penggaris, Jangka Sorong, Meteran pita, Mikrometer Sekrup dan masih banyak lagi. layaknya, pengukuran Massa, Pengukuran panjang pun memiliki tingkat ketelitian alat. Misal, Mikrometer Sekrup memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,001 cm , Jangka Sorong memiliki tingkat ketelitian mencapai 0,01 cm, penggaris 0,1 cm. Mudah bukan untuk diingat!. yang paling kecil (ketelitiannya) namanya mikro, diatasnya jangka,, baru setelah itu penggaris.

KESIMPULAN

Pada materi Fisika kali ini, hal penting yang harus Physicist pahami dan amalkan–agar ilmunya bertahan lama– adalah mempelajari lebih mengenai Besaran dan Satuan dalam konsep Besaran, karena Besaran dan Satuan merupakan dasar dari materi Fisika selanjutnya. dan dalam Konsep Pengukuran, Physicist harus memahami dan mengamalkan mengenai jenis- jenis pengukuran beserta ketelitiannya. karena ada banyak jenis lain mengenai pengukuran dan ketelitiannya yang tidak saya tuliskan, dikarenakan keterbatasan waktu :D. Materi Pengukuran dan ketelitiannya ini, tidak terlalu banyak dibahas di Materi selanjutnya. Namun, bukan berarti materi ini tidak penting.

Sekian belajar kita hari ini, jika ada kesalahan kata saya mohon maaf, kepada ALLAH SWT kita mohon ampun. Aurevoir Physicist.

“Ilmu yang ditinggalkan, akan membuat mu ditinggalkan Dunia dan Akhirat!” ~drsry5724

Mimin, promosi IG wkwkwkwk

2 thoughts on “BESARAN dan PENGUKURAN | FISIKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *